Rekor Official Top Speed MotoGP Terpecahkan di GP Qatar 2015

PA1665482

Sobat freakers, MotoGP adalah kejuaraan balap yang memperlombakan sepeda motor prototype terkencang di muka bumi. Adu kencang di sirkuit balap sudah menjadi ikhwal MotoGP. Penggunaan teknologi yang berkembang semakin canggih dari tahun ke tahun ikut menunjang bertambahnya kecepatan puncak motor MotoGP.

Di musim-musim sebelumnya, sirkuit Mugello-lah tempat yang menjadi langganan pencatatan rekor top speed MotoGP yakni saat gelaran GP Italia. Memiliki straight yang lebih panjang sangat menunjang untuk meraih top speed lebih tinggi. Wajar saja bila Andrea Iannone dengan menunggang motor Ducati Desmosedici GP14 mencatat rekor official top speed MotoGP dalam event GP Italia 2014. Top speed yang diraih Iannone mencapai 349,6 km/h. Rekor tersebut menumbangkan rekor official top speed MotoGP sebelumnya yang diraih oleh Dani Pedrosa yakni mencapai 349,3 km/h di tempat yang sama dalam event GP Italia 2009.

Di awal musim 2015 ini kejutan pun kembali terjadi. Tak butuh hingga 1 tahun, rekor official top speed MotoGP pun kembali terpecahkan. Adalah Marc Marquez yang mencatatkan rekor official top speed baru MotoGP yakni mencapai 350,5 km/h. Rekor tersebut dicatatkan Marquez dalam race GP Qatar akhir Maret lalu. Rekor official top speed MotoGP tersebut dicatat oleh timing partner MotoGP, yakni Tissot. Walaupun sempat timbul perdebatan karena saat race GP Qatar lalu, melalui on board camera terlihat Andrea Dovizioso meraih top speed 354 km/h. Namun disinyalir itu tercatat hanya di dashboard (speedometer) Ducati Desmosedici GP15 tunggangan Dovizioso & bukan yang tercatat melalui transponder yang dipasang Dorna di motor tunggangan Dovi. Sehingga yang diakui resmi & valid adalah yang tercatat melalui transponder oleh Tissot.

Pencapaian yang fantastis tentunya. Dalam waktu kurang dari 1 tahun rekor official top speed MotoGP kembali terpecahkan. Namun ini hanyalah awalan. Ya, karena rekor tersebut terpecahkan di awal musim 2015. Di musim ini kejuaraan MotoGP kembali dihelat sebanyak 18 seri. Menarik untuk ditunggu apakah rekor official top speed MotoGP akan kembali terpecahkan di seri-seri mendatang, mengingat masih ada sirkuit-sirkuit ber-straight panjang dalam antrian seri MotoGP 2015. Semakin fantastis saja MotoGP musim 2015 ini untuk ditonton.

Demikian, semoga bermanfaat.
GP Freak

Tinggalkan komentar