Finlandia Ingin Menggelar Seri Balap MotoGP Di Sirkuit Kymi Ring

Kymi Ring-AU1302231

GP mania, satu lagi negara yang menyatakan keinginannya untuk menggelar seri balap MotoGP di musim mendatang. Sabtu kemarin, portal berita motorsports crash.net melansir berita Finlandia berkeinginan menggelar race MotoGP. Sejalan dengan itu dibangunlah sirkuit Kymi Ring yang berlokasi di wilayah Kouvola sekitar 150 kilometer dari ibukota negara Finlandia yakni Helsinki.

Sirkuit Kymi Ring didesain cukup menarik, dengan layout perpaduan fast section dengan technical section. Memiliki 2 straight yang tergolong panjang, tentunya sangat memanjakan top speed motor MotoGP. Sedangkan adanya tikungan yang meliuk-liuk dapat untuk menguji handling motor MotoGP.

Sirkuit Kymi Ring memiliki panjang track 4,8 kilometer, dengan jumlah tikungan 19. Tikungan ke kanan berjumlah 11, sedangkan tikungan ke kiri berjumlah 8. Lebar tracknya bervariasi mulai dari 12 meter hingga 15 meter. Sirkuit ini telah berlisensi FIM grade A & FIA grade 2. Selain dapat untuk menggelar balap motor, sirkuit ini juga dapat untuk menggelar balap mobil. Namun pihak setempat lebih membidik untuk menggelar race MotoGP pada musim 2017 mendatang serta World Superbike dibanding F1 yang mahal.

Layout track sirkuit Kymi Ring ini sebelumnya didesain oleh Pohjola Racing pada tahun 2009, sebelum akhirnya dirubah sedikit oleh Apex Circuit Designs yang merupakan sebuah perusahaan pembangunan sirkuit balap dari Inggris pimpinan Clive Bowen. Pengubahan dilakukan untuk mengikuti arahan FIA serta memaksimalkan lahan yang ada.
kymi_ring_iitti
Kymi+Ring+EI+SAA+KÄYTTÄÄ,+VANHA+KUVA+Karttakuva+Iitin+moottorirata

Sebelumnya, Finlandia pernah menjadi tuan rumah balap motor World Grand Prix di era 500cc yang melombakan sepeda motor bermesin 2 stroke. Grand Prix Finlandia dahulu digelar di sirkuit Tampere pada tahun 1962 & 1963. Kemudian berpindah ke sirkuit Imatra mulai tahun 1964 hingga 1982. Setelah itu Finlandia absen dari kalender World Grand Prix.

Finlandia memiliki wakil di Motorcycle World Grand Prix saat ini, baik rider maupun tim. Mika Kallio membalap di kelas Moto2. Runner Up Moto2 2014 itu juga pernah membalap di kelas MotoGP pada era regulasi mesin 800cc di tim Pramac Racing. Selain Kallio, ada Niklas Ajo yang membalap di kelas Moto3. Ia adalah putra dari pemilik tim Moto3 & Moto2 Ajo Motorsport yakni Aki Ajo. Rider yang berseteru dengan Romano Fenati pada GP Argentina lalu itu kini membalap di tim RBA Racing milik rider Suzuki Ecstar MotoGP yakni Aleix Espargaro.

Namun Finlandia bukanlah satu-satunya negara yang menyatakan keinginannya untuk menggelar race MotoGP pada musim-musim mendatang. Tercatat telah ada Austria yang menyatakan siap menggelar race MotoGP musim depan di sirkuit RedBull Ring. Selain itu juga ada Thailand, Brazil & Chile yang telah masuk daftar antrian negara-negara yang disinyalir kuat akan menggelar seri balap MotoGP pada 2 musim mendatang.

Diperkirakan kalender balap MotoGP musim 2017 akan membengkak menjadi 20 seri jika Dorna menyutujui negara-negara tersebut menggelar seri balap MotoGP. Bahkan pemerintah kita pun diisukan berkeinginan menggelar balap MotoGP juga pada tahun 2017 mendatang di sirkuit Sentul yang dikabarkan akan segera direnovasi total. Semoga kabar tersebut benar sehingga pergelaran MotoGP di musim-musim mendatang semakin seru disaksikan dengan bertambahnya tuan rumah negara-negara penggelar race MotoGP.

Demikian, semoga bermanfaat.
GP Freak

3 thoughts on “Finlandia Ingin Menggelar Seri Balap MotoGP Di Sirkuit Kymi Ring

Tinggalkan komentar